Sering merasa cepat capek dan marah-marah karena alasan yang nggak jelas? Bu, mungkin kamu sedang merasa stress, penat, atau butuh waktu untuk self-care sejenak. Self-care itu penting banget dilakukan oleh siapapun, termasuk Ibu-ibu yang punya segudang kegiatan seperti kita. Wajar kok, Bu, kalau kita butuh waktu sejenak untuk istirahat dari rutinitas dan menikmati atau melakukan hal-hal yang kita sukai. Dengan begitu, beban Ibu bisa berkurang dan tubuh jadi tidak gampang lelah, stres, penat, sehingga bisa menjalani aktivitas dengan lebih produktif. Self-care yang Ibu lakukan bisa dengan cara sederhana yang pastinya dapat membuat kita aktif kembali dalam menjalankan kegiatan di rumah. Yuk, mari simak 3 cara self-care anti stress dan bisa membantu kita jadi lebih produktif:

  1. Menjalani hidup sehat dengan berolahraga
    https://www.shutterstock.com/id/image-photo/smiling-asian-woman-doing-yoga-shoulder-1761109733

Self-care bisa diawali dengan pola hidup yang sehat, karena dengan menjaga pola hidup sehat, akan tercipta pikiran yang lebih positif. Salah satu caranya adalah denganberolahraga. Olahraga adalah aktivitas yang penting karena bisa membuat hormon endorfin meningkat, sehinga Ibu merasa lebih bahagia, lebih segar dan lebih semangat menjalani aktivitas. Nah untuk memulainya, Ibu bisa mulai dari olahraga yang paling ringan, seperti yoga, jalan santai, bersepeda, atau jogging. Lakukan kegiatan ini minimal tiga kali seminggu ya, Bu, agar badan sehat dan pikiran jernih kembali.

  1. Berkomunikasi dengan Orang Lain
    https://www.shutterstock.com/id/image-photo/happy-beautiful-young-korean-asian-woman-2036451026

Terkadang stress bisa datang di saat Ibu melakukan aktivitas rutin yang sama berulang kali dan akibatnya waktu berkomunikasi/bersosialisasi dengan orang lain jadi berkurang. Apalagi di masa pandemi seperti ini, berinteraksi secara langsung dengan sanak saudara, teman serta sahabat menjadi terhambat. Nah, alternatif yang Ibu bisa lakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara berkomunikasi langsung kepada orang lain secara virtual. Bisa menggunakan video call sebagai ajang silaturahmi ataupun hanya dengan sebatas sapa kabar lewat suara telepon. Dijamin, pasti setelah mendengar suara orang terdekat, saling meluangkan cerita atau isi hati, stress jadi berkurang :)

Ciptadent sendiri juga berinisiatif untuk terus mendukung Ibu-ibu agar tidak merasa sendirian ketika menghadapi berbagai tantangan yang ada melalui gerakan #KuatBersamaCiptadent. Dengan menghadapi berbagai tantangan terutama di kondisi pandemi ini secara bersama-sama, maka semua beban akan terasa lebih ringan dan Ibu tidak perlu memikulnya sendirian. Untuk cari tahu tentang gerakan ini lebih lanjut, silakan cek akun Instagram @ciptadent ya, Bu.

  1. Memperhatikan Penampilan
    https://www.shutterstock.com/id/image-photo/beautiful-asian-woman-blogger-showing-how-1537110671

Selanjutnya, self-care terakhir yang bisa membuat para Ibu lebih produktif dan terbebas dari stress adalah dengan memperhatikan penampilan. Contohnya dengan belanja barang seperti alat make up, skincare, baju, ataupun hal lain yang membuat ibu happy. Karena dengan memiliki tampilan yang berbeda dan juga terawat, itu bisa membuat Ibu lebih percaya diri lagi. Nah, untuk tampil percaya diri, kesluruhan tubuh harus dijaga dan dirawat ya Bu, baik dari rambut, wajah, bahkan penampilan gigi. Bicara soal penampilan gigi, pasti Ibu nggak mau kan kalau punya gigi kuning? Ibu nggak perlu khawatir, ada cara sederhana yang bisa Ibu lakukan untuk membuat tampilan warna gigi tampak lebih putih dan sehat, yaitu dengan menggunakan pasta gigi Ciptadent Maxi White yang bisa membantu mengembalikan warna putih alami gigi dan menjaga gigi agar tetap sehat. Ciptadent Maxi White memiliki kandungan Power White yang teruji secara klinis, sehingga terbukti dapat membersihkan gigi dan gusi secara bersih. Jadi penampilan Ibu akan terlihat lebih oke dan bisa membuat ibu menjadi percaya diri kembali.

Itulah beberapa cara self-care secara sederhana yang bisa Ibu coba di rumah supaya Ibu tidak stress/burn-out dan jadi lebih produktif. Ingat ya Bu, mencintai diri sendiri itu merupakan hal yang sangat penting untuk menciptakan hidup yang lebih bahagia dan lebih sehat dalam setiap aspek kehidupan. Semoga para Ibu selalu dalam kondisi yang baik ya dan terus semangat!

Referensi :

https://ajaib.co.id/lakukan-self-care-untuk-ibu-rumah-tangga-agar-tidak-stres/
https://www.kompas.com/parapuan/read/533059105/7-macam-self-care-untuk-ibu-dalam-rangka-menjaga-kesehatan-mental
https://ciptadent.co.id/artikel/3-ide-bisnis-anti-mainstream-yang-bisa-jadi-peluang-di-masa-pandemi